Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Palangka Raya Klaim Zero Stunting

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 06 Juli 2019 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengklaim pada  2019 ini Kota Palangka Raya bebas dari stunting.

“Sampai saat ini Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya belum mendapati ada kasus stunting pada anak,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinkes Kota Palangka Raya, Dewi Pancadewa, Sabtu, 6 Juli 2019.

Ia menegaskan, karena nol atau zero kasus stunting, dinas kesehatan tidak memprogramkan penanganan stunting pada tahun ini. 

Dewi Pancadewa menilai tidak adanya kasus stunting di Kota Palangka Raya karena memang tingkat pendidikan masyarakat sudah cukup baik.

“Sehingga para orang tua sudah bisa memberikan asupan gizi yang cukup, sehingga tumbuh kembang anaknya juga baik sesuai umur dan tinggi badannya,” ucap Dewi.

Ia juga menekankan untuk Provinsi Kalimantan Tengah hanya ada tiga daerah rawan yang masih bergelut dengan kasus stunting. Daerah ini adalah Kabupaten Barito Timur, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Perlu diketahui stunting merupakan sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. 

Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun. (HERMAWAN DP/B-2)

Berita Terbaru