Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Targetkan Vaksin 1.300 Ekor Ayam dan Bebek

  • Oleh Norhasanah
  • 06 Juli 2019 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menargetkan 1.300 ayam dan beben divaksin Newcastle Desease (ND) atau tetelo. Dan saat ini sudah 600 hewan ternak itu diberi vaksin. 

"Untuk tahun ini, target vaksinasi ND atau tetelo di Kabupaten Sukamara sebanyak 1.300 ekor," kata Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Sabtu, 6 Juli 2019.

Dia menjelaskan, dari target yang ditetapkan, pihaknya memastikan bisa dicapai. Sebab, pada tahun sebelumnya, jumlah target yang dicapai lebih tinggi.

Adapun tata cara vaksinasi ND bisa dilakukan melalui tetes mata. Sebelum vaksin, kandang harus dibagi dalam 2 bagian dengan cara disekat. Gunanya, menampung ternak yang sudah divaksin dan belum. 

"Vaksin ND cukup dicampur menggunakan air setengah dari dosis. Misal untuk dosis 100 ekor berarti dicampur air sebanyak 50 ml, begitu juga dosis yang lebih besar dan kecil. Kemudian masukkan ke dalam botol penetes vaksin," terangnya.

Syamsir melanjutkan, cara memvaksin ternak bisa mengikuti beberapa langkah. Seperti tangan kiri memegang ayam dan tangan kanan memegang botol penetes vaksin dengan keadaan stabil menghadap kebawah.

"Pegang yang benar agar ayam tidak menutup matanya. Jika sulit, masukkan saja kehidung," kata Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru