Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangtua Harus Awasi Anak Gunakan Gawai untuk Cegah Kejahatan Seksual

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Juli 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kasus kejahatan seksual masih terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Bahkan, ada pelakunya yang juga di bawah umur. Terkait itu, perlu adanya pencegahan. Salah satunya peran orangtua untuk meningkatkan pengawasan terhadap anaknya dalam penggunaan gawai.

"Peran orangtua harus mengawasi penggunaan gawai anak mereka penting. Salah satunya bisa mencegah terjadinya kejahatan seksual," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kotim, Multazam, Sabtu, 6 Juli 2019. 

Orangtua yang memiliki anak tentu harus mengawasi anak-anak mereka yang menggunakan gawai. Mulai laptop, komputer, notebook, netbook, dan tentunya telepon seluler. Pengawasan itu bisa mencegah potensi kejahatan terhadap anak.

"Saat ini pengaruh teknologi sangat besar terhadap kasus-kasus seksual terhadap anak," kata Multazam. 

Dalam sebulan terakhir, ada tiga kasus seksual terhadap anak. Mulai dari pemerkosaan terhadap anak berusia 12 tahun. Bahkan aksi tersebut direkam melalui telepon genggam dan vidionya disebarluaskan.

Kasus kedua yakni pemerkosaan terhadap anak yang masih berumur 8 tahun. Yang dilakukan kerabatnya sendiri. Dan yang terakhir kasus asusila yang dilakukan pria kepada kepada keponakannya berusia 14 tahun hingga hamil. 

Semua kasus seksual terhadap anak tersebut sudah ditangani Polres Kotim. Dan para pelaku sudah ditangkap. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru