Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DAS Katingan Mulai Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 07 Juli 2019 - 15:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sudah lebih 2 pekan terakhir hujan tidak lagi mengguyur wilayah Kabupaten Katingan. Akibatnya, daerah aliran sungai atau DAS Katingan yang memanjang dari Kecamatan Bukit Raya sampai Kecamatan Katingan Kuala itu mulai surut.

Bahkan Sungai Katingan di Kasongan tepatnya bawah Jembatan Sei Katingan sejak beberapa hari ini terus menyurut. Jika sebelumnya air Sungai Katingan sampai meluap ke permukaan, Minggu, 7 Juli 2019 DAS Katingan wilayah Kasongan dan sekitarnya itu sudah jauh menyurut.

Jika dilihat dari tiang penyangga Jembatan Sei Katingan atau dari bibir sungai, penyurutan Sungai Katingan ini sekitar 2 meter di atas permukaan air.

Warga memperkirakan jika dalam beberapa hari kedepan tidak turun hujan, dimungkinkan penyurutan air Sungai Katingan ini akan terus terjadi.

"Mungkin saja kalau tidak ada hujan satu minggu ke depan air Sungai Katingan akan semakin surut," tutur Hendro, warga Kasongan.

Bahkan kata Hendro Sungai Katingan akan mendangkal jika dalam sepekan ke depan wilayah Katingan tidak lagi diguyur hujan. Biasanya saat sungai dangkal akan muncul gundukan pasir di tengah sungai yang biasa disebut oleh warga setempat gosong.

Namun saat ini gosong masih belum ada muncul di Sungai Katingan itu terutama wilayah Kasongan.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Katingan, Akhmad Rubama mengatakan dari prakiraan BMKG Kalteng bahwa musim kemarau tahun ini akan dimulai awal Juli 2019.

"Sekarang sudah jarang turun hujan, bahkan sudah lebih dua minggu ini tidak ada hujan di Katingan, artinya kita sudah memasuki musim kemarau," ujarnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru