DPRD Seruyan Minta Badan Lingkungan Hidup Aktif Awasi Perusahaan Sawit

  • Oleh Reno
  • 07 Juli 2019 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto meminta agar Badan Lingkungan Hidup harus selalu insten melakukan pengawasan terhadap perusahaan kelapa sawit.

Hal itu dilakukan guna mengetahui aktivitas perusahaan, karena telah terjadinya dugaan pencemaram limbah oleh salah satu perusahaan kelapa sawit di Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Supaya bisa dilakukan pencegahan kalau ada limbah yang mencemari sungai atau danau di sekitar perkebunan, sehingga tidak menimbulkan persoalan limbah yang sangat fatal terhadap kegiatan kehidupan ekosistem di sekitarnya," ungkap Bejo, Minggu 7 Juli 2019.

Menurut Bejo karena fungsi sungai atau danau di wilayah Seruyan selain sebagai tempat usaha perikan sungai juga sebagian besar masih dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, bantaran sungai baik untuk mencuci, mandi dan kepentingan lainnya.

"Jangan sampai apa yang terjadi di Kabupaten Kotawaringin Timur terjadi pula d Seruyan. Ini harus diantisipasi," jelasnya.

Bejo juga meminta pihak perusahaan supaya proaktif mengecek kondisi tempat penampungan limbah atau pipa yang bisa berpotensi bocor dan merugikan masyarakat.

"Jangan sampai baru ada penanganan hal yang sudah terjadi itu sangat sia-sia saja. Lebih baik waspada," ucapnya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru