Mobil Hias Asal Kapuas Jadi Juara pada Pawai Taaruf STQ Nasional

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 08 Juli 2019 - 11:18 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mobil hias asal Kabupaten Kapuas yang mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dinobatkan sebagai juara pertama pada pawai taaruf Seleksi Tilawatil Quran atau STQ tingkat nasional di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Atas pretasi itu, Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas Muchtar Ruslan menyampaikan terima kasih kepada pemerintah kabupaten yang telah mendukung penuh keikutsertaan mobil hias Kapuas pada pawai taaruf STQ nasional ke XXV di Pontianak. 

"Juga kepada tim kerja pawai taaruf dan pimpinan kafilah STQ Provinsi Kalimantan Tengahm kami sampaikan terima kasih," turut Muchtar, Senin, 8 Juli 2019.

Terkhusus, dia menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang telah mempercayakan LPTQ Kabupaten Kapuas sebagai salah satu wakil Kalteng.

"Keberhasilan ini atas kerja sama semua pihal," katanya.

Sementara itu, Koordinator Tim Kerja Pawai Taaruf Suwarno Muriyat, mengaku telah memprediksi bahwa mobil hias Kapuas akan meraih juara pertama.

“Sejak start di halaman kantor gubernur Kalimantan Barat, hampir semua penonton menyatakan mobil hias berbentuk perahu berkepala burung tingang adalah yang terbaik," ucap Suwarno.

Mobil hias Kapuas dibuat dengan teknik pewarnaan '5 Ba' yang sering digunakan Suku Dayak, dipadu dengan anyaman rotan, purun, dan kayu.

Di atas mobil ada dua pasang remaja berbusana benang bintik Kapuas karya Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni. Dua remaja itu ditemani lima tokoh agama berbusana sesuai ciri masing-masing.

Dalam mobil hias juga kami tampilkan replika al quran, lambang negara burung garuda, foto gubernur dan wakil gubernur, lambang Provinsi Kalimantan Tengah, serta berbagai ornamen pulau dalam wilayah NKRI, kubah, serta pilar masjid dari anyaman rotan.

Berita Terbaru