Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nalayan Jelai dan Pantai Lunci Diingatkan Pantau Cuaca Sebelum Melaut

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2019 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Nelayan di Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci, Kabupaten Sukamara, diingatkan untuk selalu memantau situasi alam sebelum pergi melaut.

Kepedulian terhadap kondisi alam diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum pergi melaut, nelayan ini harus pandai-pandai membaca alam. Untuk memastikan bahwa saat menangkap ikan cuaca tidak buruk," ucap Wakil Bupati Sukamara Ahmadi, Senin, 8 Juli 2019.

Menurut dia, bila pemerintah mendapat laporan dari BMKG mengenai cuaca buruk, akan disampaikan kepada masyarakat, khususnya nelayan. Supaya mereka bisa berhati-hati dan tidak pergi melaut dengan jarak yang terlalu jauh.

"Untuk cuaca-cuaca yang tidak menguntungkan, kita bisa mendengar dari BMKG melalui Dinas Perhubungan. Dengan informasi inilah kita akan sampaikan kepada nelayan bahwa cuaca sangat ekstrim. Untuk kapal yang GT-nya yang terlalu kecil jangan coba-coba melaut," pesannya.

Sebelumnya, Camat Jelai Ahmad Gapuri meminta nelayan yang pergi melaut bisa lebih berhati-hati, dan memastikan kapalnya bisa beroprasi dengan baik selama berada di laut.

"Nelayan harus mengantisipasi, menjaga keselamatan, dan memperhatikan mesin kapal serta segala sesuatunya sebelum pergi melaut. Karena selain target melaut dapat ikan, keselamatan juga harus diperhatikan," kata Ahmad Gapuri. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru