Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelompok Peternak Sapi di Gunung Mas Diminta Waspadai Berbagai Penyakit

  • Oleh Magang 1
  • 08 Juli 2019 - 12:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas mengimbau kelompok tani ternak khusus sapi mewaspadai berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang hewan ternak.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DPKP Kabupaten Gunung Mas Yuliana Elisabeth, menyampaikan berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang sapi di antaranya demam dan cacingan.

“Jenis penyakit lainnya yang dapat menyerang sapi adalah penyakit kulit, flu, diare, perut kembung, dan caplak,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin, 8 Juli 2019.

Agar kelompok peternak mewaspadai berbagai jenis penyakit tersebut, DPKP telah menyosialisasikan tentang penyebab, gejala, serta tindakan pencegahan dan pengobatan.

Salah satunya dengan membagikan leflet. Diharapkan, melalui sosialisasi tersebut poktan ternak dapat mengambil langkah pencegahan dan pengobatan yang diperlukan.

Pada tahun ini, lanjut dia, DPKP Kabupaten Gunung Mas kembali menyalurkan ratusan bibit sapi dari dana aspirasi anggota dewan, kepada sejumlah poktan ternak.

Diapun berpesan kepada poktan ternak yang menerima bibit sapi agar mewaspadai berbagai jenis penyakit yang dapat menyerang sapi. (MAGANG 1/B-3)

 

Berita Terbaru