Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Badung Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penggunaan Anggaran Harus Fokus pada Kegiatan Bermanfaat Bagi Masyarakat 

  • Oleh Norhasanah
  • 08 Juli 2019 - 13:34 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Sutrisno mengingatkan agar penggunaan anggaran fokus pada kegiatan yang memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Perencanaan dan penggunaan anggaran harus fokus pada kegiatan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat, ini penting," ucap Sutrisno pada pada rapat koordinasi pengendalian pelaksanaan (rakordal), Senin, 8 Juli 2019.

Sutrinso meminta agar dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang terstruktur tidak menumpuk di akhir tahun sehingga lebih mudah dalam melaksanakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan.

"Selain itu, kita juga perlu melakukan evaluasi capaian realiasi anggaran, apakah telah sesuai dengan target dan mengidentifikasi serta mencari solusi atas permasalahan yang menyebabkan capaian tidak sesuai dengan target yang telah ditetapkan," ujarnya.

Sutrisno mengingatkan agar dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, monitoring dan evaluasi, serta pelaporan pelaksanaan anggaran harus berpedoman pada peraturan gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) nomor 41 tahun 2017.

"Selain itu, dalam pelaksanaan program pembangunan juga harus dilakukan koordinasi, serta perkuat sinkronisasi, keterpaduan serta sinergi antar kegiatan, baik yang didanai APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota," pesan Sutrinso. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru