Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Demak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Cacingan pada Sapi

  • Oleh Magang 1
  • 08 Juli 2019 - 14:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth menyampaikan ada beberapa gejala yang muncul pada sapi, saat terkena penyakit cacingan.

“Jenis cacing yang paling sering menyerang ternak sapi adalah cacing hati dan cacing pita. Biasanya disebabkan kondisi pakan yang tidak bersih dan mengandung larva cacing,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin, 8 Juli 2019.

Dia menuturkan, gejala umum penyakit sapi yang terserang cacingan di antaranya adalah sapi tidak nafsu makan, sapi terlihat kurus, susah buang air besar atau tidak teratur.

Gejala lainnya, lanjut dia, adalah diare berkepanjangan dan mencret, gerak melemah dan mata sayu, nafas terengah-engah, serta hidung dan mulut mulai kering.

Untuk pencegahan dan pengobatan, kelompok tani ternak harus mengusahakan kandang tidak sering lembab, serta mengontrol kebersihan rumput yang dimakan oleh ternak sapi.

“Tindakan lainnya yang harus dilakukan adalah dengan memberikan obat cacing secara rutin dan berkala, biasanya tiga bulan sekali,” terangnya. (MAGANG 1/B-2)

Berita Terbaru