Banyak Hasil Pertanian Kalteng Dijual ke Luar Daerah

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juli 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banyak hasil pertanian di Kalimantan Tengah (Kalteng) yang dijual ke luar daerah. Hal tersebut diapresiasi oleh Ketua  Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional Winarto Tohir saat membuka Peda KTNA XII Kalimantan Tengah, di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). 

"Saya sangat mengapresiasi hasil pertanian di Kalteng ini, karena beberapa komoditas sudah dijual ke luar provinsi ini," ujar Winarno, Senin, 7 Juli 2019. 

Hal itupun harus dikembangkan terus menerus, karena lahan di Kalteng ini cukup luas. Sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengembangkan pertanian. Baik itu padi, sayuran, dan juga masih banyak lagi yang sangat berpotensi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat daerah ini. 

"Yang terpenting pertanian terus dikembangkan, baik itu dari segi sumber daya manusia maupun peralatan yang digunakan," kata Winarno. 

Selain itu, dirinya juga berharap peningkatan hasil produksi pertanian. Salah satu yang dilakukan adalah pengembangan SDM para petani. Sehingga mereka bisa mengetahui bagaimana cara bertani yang benar. Jika hal itu terus dilakukan, maka komoditas tidak lagi didatangkan dari luar daerah, namun akan tetap bisa dipenuhi oleh hasil produksi daerah ini sendiri. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru