Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Seluma Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Kalimantan Tengah Turunkan Tim Periksa Pencemaran Limbah Sawit di Sungai Sampit 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juli 2019 - 18:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran, menurunkan tim untuk memeriksa dugaan pencemaran limbah sawit di Sungai Sampit, Kecamata Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Limbah itu hingga mengakibatkan banyak ikan mati. 

"Saya juga sudah membentuk tim dari Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Perikanan untuk memeriksa itu," kata Sugianto Sabran, di Sampit, Senin, 8 Juli 2019. 

Dia meminta masyarakat bersabar untuk menunggu hasil pemeriksaan tim yang sudah dibentuk. Dan jika terbukti ada pencemaran dari limbah sawit, maka tindakan tegas akan diberikan. 

Sementara, Bupati Kotim Supian Hadi juga menerangkan, pihaknya sudah menurunkan tim dan akan berkoordinasi dengan tim yang dibentuk Gubernur Kalteng.  

"Saya sudah memerintahkan sekda untuk menurunkan tim dan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, terkait dugaan pencemaran limbah tersebut," kata Supian Hadi. 

Dia menerangkan, yang utama dilakukan yakni melihat apakah ikan mati tersebut memang akibat limbah sawit atau tidak. Selain itu, pengecekan juga untuk memastikan lokasi pencemaran.

"Yang pasti kami menurunkan tim soal dugaan pencemaran limbah perusahan di sungai tersebut. Karena itu sudah menyangkut kesehatan masyarakat," kata Bupati Kotim.

Pada kesempatannya, Supian Hadi mewajibkan seluruh perusahaan di daerah ini agar mentaati aturan. Jangan sampai membuang limbah ke sungai. Karena banyak masyarakat di daerah ini yang menggunakan air untuk mandi, masak, bahkan minum. (MUHAMMAD HAMIM/B-11/Adv)

Berita Terbaru