Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tapanuli Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenali Gejala Diare Pada Sapi dan Cara Pencegahannya

  • Oleh Magang 1
  • 08 Juli 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Gunung Mas, Yuliana Elisabeth menyampaikan ada beberapa gejala yang muncul pada sapi, saat menderita penyakit diare.

“Penyakit diare atau mencret sering menyerang ternak sapi. Diare tidak secara langsung menyebabkan kematian. Tetapi, penyebab kematian adalah dehidrasi,” kata Yuliana, Senin, 8 Juli 2019.

Dia menuturkan, penyakit diare disebabkan bakteri Escherichia Coli, clostridium sp, gangguan makanan, dan udara dingin. Penyakit ini berimplikasi pada alat pencernaan.

Gejala umum sapi yang terkena diare adalah feses bentuk encer terus menerus dan berbau busuk, kondisi tubuh sapi lemas, dan kotoran yang keluar berwarna hijau muda atau kuning kehijauan.

Untuk pencegahan dan pengobatan penyakit diare pada sapi, pisahkan sapi yang sakit dari yang lain, serta jaga kebersihan kandang dan lingkungan sekitar kandang.

Selanjutnya kontrol kebersihan rumput yang dimakan oleh sapi, hindari pemberian rumput-rumputan yang basa, serta berikan obat antibiotik. (MAGANG 1/B-11)

Berita Terbaru