Gubernur Nyatakan Kalimantan Tengah Siap Menjadi Penyangga Pangan Nasional

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 08 Juli 2019 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus meningkatkan sektor pertanian. Bahkan, Kalteng siap menjadi penyangga pangan nasional. Apalagi, provinsi ini memiliki lahan yang masih sangat luas dan layak yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian.

"Provinsi ini siap menjadi penyangga pangan nasional," kata Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, pada Peda KTNA XII Kalimantan Tengah, Senin, 8 Juli 2019.

Dia menerangkan, sektor pertanian saat ini masih menjadi salah satu prioritas di daerah ini. Apalagi saat ini Kalteng menjadi kandidat calon Ibu Kota Pemerintahan RI. Sehingga penguatan di sektor pangan akan sangat dibutuhkan, dan disiapkan sejak saat ini.

"Saya memiliki komitmen tinggi untuk mengembangkan sektor pertanian di Kalteng ini. Karena hal itu sebagai persiapan jika nantinya ditunjuk menjadi Ibu Kota Pemerintahan RI," kata Sugianto.

Dia juga menerangkan, sektor pertanian di Kalteng saat ini terus mengalami peningkatan. Bahkan pangan seperti beras sudah surplus. Selain itu, komoditas jagung juga terus dikembangkan.

Pihaknya juga memerintahkan kepada seluruh kepala daerah agar gencar menjalankan program pertanian tersebut. Sehingga Kalteng ini akan siap menjadi penyangga pangan nasional.

"Kita harus saling mendukung, agar pertanian terus berkembang di Kalteng. Kita siap menjadi penyangga pangan nasional," kata Sugianto. (MUHAMMAD HAMIM/B-11/Adv)

Berita Terbaru