BPBD Palangka Raya Sosialisasikan Pencegahan Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Juli 2019 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya menyosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan lahan, di Kelurahan Langkai, Palangka Raya, Senin, 8 Juli 2019. Sosialisi dipimpin Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto.

“Mengutif pernyataan Presiden Jokowi, kebakaran hutan dan lahan pada 2015 lalu, membuat kita pontang-panting. Agar tidak terulang, maka diperlukan upaya pencegahan," ucapnya.

Dia mengingatkan langkah pencegahan terpenting perlu peran serta pihak swasta dan masyarakat. Terkhusus swasta yang memiliki area lahan di Palangka Raya.

“Masyarakat maupun swasta yang memiliki lahan harus bisa memelihara, merawat, dan mengamankan. Pihak swasta sangat penting dalam mendukung pencegahan karhutla ini," sebutnya.

Selain itu, Supriyanto menilai kesiapan sarana dan prasarana perlu selalu diperiksa.

“Pemeriksaan sarana prasaranan sangat penting untuk aksi cepat penanganan kebakaran hutan dan lahan di kota palangka raya,” kata Supriyanto.

Selain sarana prasarana, dia menilai patroli bersama juga penting dalam pencegahan dini potensi kebakaran hutan dan lahan di Kota Palangka Raya. (HERMAWAN DP/B-11)

Berita Terbaru