Manajemen Kalteng Putra Laporkan Wasit ke PT Liga Indonesia Baru

  • Oleh Budi Yulianto
  • 08 Juli 2019 - 20:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Manajemen Kalteng Putra melaporkan wasit yang memimpin laga antara Kalteng Putra melawan PSS Sleman ke PT Liga Indonesia Baru atau LIB.

Dalam laga yang berlangsung pada Minggu, 7 Juli 2019 malam itu, Kalteng Putra kalah dengan skor 0-2. Namun gol tersebut dinilai cukup merugi tim Laskar Isen Mulang.

"Hari ini kami laporkan ke PT Liga tembusan PSSI dan komisi disiplin. Kami sebagai klub, wajib melayangkan protes ini sebagai bentuk pembelajaran kinerja perangkat pertandingan ke depan," tegas Sekretaris Tim Kalteng Putra, Sigit Wido, Senin, 8 Juli 2019.

Sigit menuturkan pertandingan yang disiarkan secara langsung melalui stasiun televisi itu sudah pasti ditonton oleh masyarakat Indonesia.

Berpengalaman di bola, pihaknya bukan hanya sekadar menonton tapi juga menelaah lebih dalam setiap hal yang terjadi. 

"Kita mengkaji sampai dalam dan berdasarkan kajian itu, kita sangat dirugikan oleh kepemimpinan wasit," ungkapnya.

Beberapa hal yang dirugikan yakni berkaitan dengan gol pertama. Ia menilai, pemain lawan sebenarnya lebih dulu offside tapi wasit termasuk hakim garis tidak mengangkat tanda tersebut. 

"Gol kedua, didahului dengan pelanggaran. Di kotak penalti itu sentuhan sedikit saja sebenarnya pelanggaran. Tapi dibiarkan. Memang gol kedua ini tidak offside, namun ada pelanggaran lebih dulu yang seharusnya wasit menghentikan sebelum gol," bebernya.

Dalam masalah ini, Sigit tidak menuduh PSS Sleman tapi lebih kepada wasit yang memimpin. Ia juga percaya pascapemberantasan mafia bola sudah tidak ada hal kecurangan dalam setiap laga. 

Namun, setelah melewati laga tersebut, sepertinya itu perlu menjadi bahan evaluasi bagi PSSI dan PT LIB.

Berita Terbaru