Total 12 Karhutla Landa Palangka Raya Selama 4 Bulan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Juli 2019 - 22:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Berdasarkan data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) selama periode Maret sampai Juli 2019 ada 12 kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda Kota Palangka Raya.

“Sejak Maret ini tercatat ada 12 kasus Karhutla,” kata Plt Kepala DPKP Kota Palangka Raya, Gloria Aden saat sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kelurahan Langkai, Senin, 8 Juli 2019.

Ia menjelaskan kebakaran hutan dan lahan berawal pada Maret 2019. Saat itu hanya terekam satu kejadian kebakaran hutan dan lahan.

Kemudian April hingga Mei 2019, Kota Palangka Raya nihil terjadi kebakaran hutan dan lahan. Namun memasuki Juni terjadi kebakaran hutan dan lahan sebanyak 4 kali.

“Terakhir dan paling banyak pada Juli ini. Walau baru beberapa hari pada bulan ini sudah terjadi sekitar 7 kejadian,” tegasnya.

Meminimalisasi bertambahnya jumlah kebakaran hutan dan lahan, Gloria mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan metode membakar.

"Kita berharap jangan sampai ada terjadi lagi kebakaran lahan. Sebab itu masyarakat harus menghindari membuka lahan dengan cara mebakar dimusim kemarau ini,” imbaunya. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru