SMK Sumbermas Sarana Gelar Acara Pelepasan Siswa Praktek Kerja Lapangan

  • Oleh Ainun Nadzifatus Sholikhah
  • 08 Juli 2019 - 18:36 WIB

BORNEONEWS, PANGKALAN BUN -  SMK Sumbermas Sarana di Desa Runtu Kecamatan Arut Selatan menggelar acara pelepasan untuk siswanya. Acara tersebut diikuti 49 orang siswa kelas dua belas yang akan mengikuti praktek kerja lapang (PKL) tahun ajaran 2019/2020.

Acara yang dilaksanakan pada Senin (8/7/2019) di aula sekolah ini, merupakan acara rutin setiap tahun. Acara tersebut bermaksud memberikan pembekalan maupun pesan moral kepada para siswa agar lebih siap saat praktik di lapangan.

“Acara ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap tahun. Ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada siswa agar mereka lebih siap ketika sudah berada di lapangan nanti,” ucap Mahmud, Kepala Sekolah SMK Sumbermas Sarana.

Tidak hanya kepala sekolah dan para guru, acara ini juga dihadiri oleh orang tua siswa. Perwakilan orang tua siswa, Gusti Jamhari juga ikut memberikan pesan dan kesan dihadapan para siswa tersebut.

Ia berharap semua siswa yang akan melaksanakan PKL ini akan mendapatkan ilmu yang berharga di lapangan. Selain itu, ia juga mengingatkan para siswa untuk selalu mengikuti semua peraturan yang sudah ditetapkan.

Dalam kesempatan yang sama, pihak yayasan yang hadir di acara tersebut juga ikut memberikan pembekalan kepada para siswa.

Kharis Nuryanto, Kepala Bidang Pendidikan Yayasan Abdul Rasyid mengatakan “Selama menjalankan PKL semua siswa harus selalu semangat dan serius. Apabila terdapat kendala di lapangan, hendaknya segera disampaikan kepada pembimbing lapang."

Ia juga mengingatkan para siswa untuk senantiasa menjaga diri selama pelaksanaan PKL di lapangan.

“Kegiatan PKL ini akan dilaksanakan selama tiga bulan berturut-turut, dengan evaluasi setiap satu minggu sekali. Oleh karena itu, setiap siswa harus mampu menjaga diri dan sikap masing-masing” ucap Kharis sebelum menutup sambutannya.

Selain itu, ia juga menegaskan, para siswa harus mampu menerapkan teori yang diperoleh disekolah untuk diterapkan di lapangan.

Hal tersebut dimaksudkan agar para siswa dapat melaksanakan pekerjaan di lapang sesuai dengan bidang dan ilmu yang mereka miliki.

Acara pelepasan itupun ditutup dengan penyerahan secara simbolis buku panduan lapang oleh pihak yayasan kepada perwakilan siswa. Selain itu, mereka juga melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan bagi siswa, pihak sekolah dan pihak yayasan.

Berita Terbaru