Kecamatan Jekan Raya Paling Banyak Terjadi Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Juli 2019 - 23:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya tercatat Kecamatan Jekan Raya memiliki angka terbanyak kabakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Wilayah yang paling banyak terjadi karhutla sepanjang Maret hingga Juli adalah Kecamatan Jekan Raya,” kata Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, Senin, 8 Juli 2019.

Luasan lahan terbakar di Kecamatan Jekan Raya selama ini tercatat mencapai 13.5 hektare. Angka ini naik derastis jika dibandingkan dengan luasan lahan terbakar di sana selama 2018 yang hanya mencapai 8.5 hektare.

Sedangkan kecamatan lain jumlah lahan yang terbakar masih rendah hanya berkisar diangka 0,5 hektare seperti di Kecamatan Bukit Batu dan Kecamatan Pahandut.

Angka sedikit tinggi hanya di Kecamatan Sabangau dengan total 3 hektare. Berbanding terbalik dengan Kecamatan Rakumpit yang nihil kebakaran hutan dan lahan.

“Saat ini sudah musim kemarau, sehingga kondisi lahan sangat kering rentan sekali terbakar,” ujarnya.

Dia mengatakan dari seluruh kasus kebakaran yang ada setidaknya sudah 2 orang yang dijadikan tersangka oleh kepolisian sebagai efek jera. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru