Konvoi Kendaraan Besar Penyebab Rusaknya Jalan di Jembatan Sintang

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 08 Juli 2019 - 23:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Rusaknya jalan di Jembatan Sintang yang merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Kotawaringin Barat dan Lamandau karena adanya kendaraan besar yang berkonvoi, sehingga menyebabkan jalan menjadi berlubang. 

Konsultan Langgeng Pribadi menjelaskan penyebab rusaknya jalan di Jembatan Sintang, karena salah satu variabelnya adalah momen kejut kendaraan besar yang berkonvoi, sehingga menyebabkan jalan menjadi berlubang-lubang.

"Kalau dilihat dari topografi wilayah Jembatan Sintang, tidak heran kalau jalan di jembatan akan keropos, karena kendaraan dari 2 arah akan mengambil ancang-ancang untuk mendaki jalur berikutnya. Jadi momen kejut itu terjadi menyebabkan jalan sedikit demi sedikit mengalami penggerusaan jalan," ujarnya, Senin, 8 Juli 2019.

Selain itu juga Jembatan Sintang ini menjadi satu-satunya penghubung Kobar - Lamandau, sehingga kendaraan dengan kapasitas besar melewati jalur ini tidak ada hentinya.

"Karena hanya ada jalur ini dan tidak ada jalur pilihan lain untuk Lamandau - Kobar ini menjadi jalan akan mudah rusak," ungkapnya.

Kata dia, pengerjaannya akan dilakukan dua tahapan. Setelah tahap pertama selesai akan dilanjutkan pada tahap 2. Semoga masyararakat bisa bersabar dan memperkirakan waktu jika hendak menuju Kobar atau Lamandau.

"Semoga masyarakat bersabar dan berhati-hati dalam berlalu lintas terutama saat hendak melalui Jembatan Sintang pada malam hari, sebab kondisi jalan masih dalam tahap perbaikan," pungkasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru