DPRD Seruyan: Pembersihan Irigasi Cegah Banjir Lahan Pertanian

  • Oleh Reno
  • 08 Juli 2019 - 23:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Briut, Desa Persil Raya, Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan kawasan terbesar pertanian warga.

Bahkan segian besar irigasinya saat ini masih belum bersih dari rumput dan lumut. Ketua Fraksi PAN DPRD Seruyan, Bejo Riyanto meminta agar kawasan irigasi pertanian tersebut turut dibersihkan.

"Bila irigasi dibersihkan akan menguntungkan petani. Bersihnya saluran irigasi tentu saja bisa dijadikan sebagai alternatif tranportasi bagi para petani yang ingin mengangkut hasil pertanian," kata Bejo, Senin 8 Juli 2019.

Karena sejauh ini kondisi irigasi masih belum sesuai dengan harapan. Selain memang untuk ketersedian air untuk pengairan kawasan pertanian, irigasi juga sebagai jalur transportasi sungai bagi petani.

"Di Briut hampir seluruh wilayahnya lahan pertanian milik warga, karena irigasi juga berfungsi sebagai pengairan maupun untuk mencegah terjadinya kebanjiran lahan," jelasnya.

Dia menyebutkan selain memang bisa dijadikan alternatif lain sebagai salah satu akses tranportasi bagi para petani melalui jalur air. (RENO/B-6)

Berita Terbaru