Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Promosikan Coto Manggala, Lewat PEDA KTNA

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juli 2019 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kotawaringin Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan Kobar, terus ambil bagian dalam melestarikan khas daerah, salah satunya kuliner khas daerah yaitu Coto Manggala ikut di promosikan dalam kegiatan Pekan Daerah (PEDA) XIII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin, 8 Juli 2019.

Plt. Dinas Ketahanan Pangan Kobar Ir. Ida Pandanwangi, berharap dengan promosi penganekaragaman pangan berupa sajian kuliner coto manggala ini maka akan melestarikan kuliner khas daerah yg tetap bisa dinikmati kaum muda penerus bangsa.

"Jangan sampai dengan berkembangnya zaman dan banyaknya aneka makanan siap saji, membuat anak muda saat ini tidak mengenal makanan khas daerahnya sendiri," ujarnya saat dihubungi Borneonews.

Selain itu juga substitusi makanan pokok beras dengan singkong yang kandungan energi 1 mangkok soto manggala setara dengan 1 piring nasi sarapan, promo kuliner khas daerah sebagai penunjang wisata, yaitu wisata kuliner serta adanya peningktan pendaptan keluarga bagi pengusaha kulinernya.

"Tentunya dengan terus di promosikan maka kuliner ini akan menjadi daya tarik tersendiri, selain karena rasanya yang nikmat tetapi juga penuh gizi," ungkapnya.

Pada Peda kali ini, pihaknya menyediakan 300 mangkuk kuliner khas kobar berbahan dasar manggala (singkong).

Manggala atau singkong merupakan salah satu umbi yang memiliki nilai setrategis sebagai sumber karbohidrat. Umbi manggala atau singkong mengandung 146-157 kalori per 100 gram bahannya, sehingga bisa disejajarkan dengan kentang, terigu dan beras.

Maka keberadaan coto manggala yang disajikan dengan kuah daging (fillet) ikan yang dihaluskan, kikik sapi, suwiran ayam kampung, telur dadar ayam, bawang goreng, keripik dan bumbu menjadi makanan yang komplit. Didalamnya telah ada karbohidrat, protein juga vitamin A, B1 dan C yang bermanfaat untuk tubuh.(DANANG/m)
 

Berita Terbaru