Bupati Katingan Buka Rakor Kesiapsiagaan Hadapi Kebakatan Hutan dan Lahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Juli 2019 - 10:36 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas membuka Rapat Koordinasi atau Rakor Kesiapsiagaan Menghadapi Kebakatan Hutan dan Lahan, Selasa, 9 Juli 2019.

Rapat yang berlangsung di Aula Bappelitbang Kasongan itu turut dihadiri Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting, Perwira Penghubung Kodim 1015/Sampit di Kasongan Mayor Inf Dedy Marwanto, Sekda Nikodemus, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Akhmad Rubama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hap Baperdo, sejumlah kapolsek, TNI, pihak pengelolaan Taman Nasional Sebangau Wilayah III Katingan, dan tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Katingan Sakariyas menuturkan, berdasarkan prakiraan analisis pihak Badan Meteoroli dan Geofisika Kalimantan Tengah, bahwa pada Juli 2019 intensitas hujan di wilyah Katingan sudah mulai rendah.

"Pengertiannya adalah merupakan tanda-tanda mulai memasuki musim kemarau," tutur Bupati.

Pada musim kemarau tentu rawan dengan kebakaran hutan dan lahan yang dapat merugikan semua pihak.

"Saya berharap langkah antisipatif yang baik harus dilakukan dan terus ditingkatkan. Baik kualitas maupun kuantitasnya. Agar kelestarian alam, hutan, dan lahan di wilayah Kabupaten Katingan ini benar-benar tetap terjaga," katanya. 

Bupati Sakariyas juga mengajak semua lapisan masyarakat bersama-sama menjaga hutan dan lahannya agar terhindar dari kebakaran pada musim kemarau ini. (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru