Daftar Haji pada 2019 Diperkirakan Baru Berangkat 21 Tahun Lagi

  • Oleh Wahyu Krida
  • 09 Juli 2019 - 12:32 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Bagi masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat yang berniat menunaikan ibadah haji, sebaiknya jangan ditunda lagi untuk melakukan pendaftaran.

Pasalnya, bila diurutkan dari daftar tunggu serta kuota yang sediakan pemerintah, jika mendaftar haji pada tahun ini, diperkirakan baru berangkat ke Tanah Suci 21 tahun lagi.

Staf Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama (Kemenag) Kotawaringin Barat Nurhasanah, Selasa, 9 Juli 2019, menurutkan bahwa lamanya jadwal keberangkatan calon jamaah haji lantaran adanya penumpukan antrean se-Indonesia.

"Pendaftarnya di seluruh Indonesia setiap tahun semakin bertambah. Sehingga diperkirakan bila mendaftar pada 2019 ini, sekitar 21 tahun lagi bakal berangkat haji," ujarnya.

Hal lain, lanjut Nurhasanah, untuk tahun ini jamaah haji asal Kabupaten Kobar yang berjumlah 169 orang, mayoritas melakukan pendaftaran pada 2011.

"Tahun ini mayoritas jamaah asal Kabupaten Kobar berusia lanjut. Usia tertua yang berangkat haji yaitu 81 tahun dnan yang termuda 22 tahun. Mereka nantinya bakal masuk kelompok terbang (kloter) 15 yang terdiri dari warga Kabupaten Kobar, Lamandau, Seruyan, dan Pulang Pisau melalui embarkasi Syamsudin Noor, Banjarmasin. Rencananya jamaah bakal masuk asrama tanggal 30 Juli 2019," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-3)

Berita Terbaru