Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Sebut 2 Wilayah Kecamatan Ini Paling Rawan Karhutla

  • Oleh Abdul Gofur
  • 09 Juli 2019 - 13:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan, Sakariyas menyebut dua wilayah kecamatan di daerahnya sejauh ini dinilai paling rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla. 

Hal ini disampaikan saat membuka rapat koordinasi kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi Karhutla, Selasa, 9 Juli 2019.

Berdasarkan pemaparan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hap Bapperdo, kata Bupati Sakariyas sejauh ini wilayah yang paling rawan terjadinya Karhutla berada di bagian hilir.

"Yaitu Kecamatan Kamipang dan Mendawai, sebab dari paparan yang disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup tadi sejak 2014 sampai saat ini dua wilayah ini sering terjadi kebakaran," tuturnya.

Menurut Sakariyas, tanah gambut di dua wilayah ini rata-rata memiliki kedalaman hingga lebih dari 10 meter.

Saat musim kemarau dua wilayah ini sangat rawan terjadi kebakaan hutan dan lahan itu, sehingga semua komponen baik pemerintah bersama aparat keamanan Polri dan TNI serta warga masyarakat ikut mencegah kebakaran hutan dan lahan itu.

"Sebab kalau sudah terlanjur terbakar, maka lahan gambut di wilayah itu akan sangat sulit untuk dipadamkan, terutama saat musim kemarau ini," imbuhnya.

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Katingan Akhmad Rubama menuturkan, berdasarkan prakiraan pihak BMKG Kalteng, bahwa musim kemarau tahun ini dimulai pada awal Juli 2019.

Sudah lebih dua pekan terakhir di daerahnya tidak lagi diguyur hujan lebat. Meski ada hujan beberapa kali, namun hanya intensitasnya sangat rendah.

"Tapi untuk saat ini belum ada ditemukan titik panas di wilayah Kabupaten Katingan," ujarnya. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru