28 Adegan Diperagakan Dalam Rekonstruksi Kasus Pengeroyokan di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 09 Juli 2019 - 14:06 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ada 28 adegan yang diperagakan dalam rekonstruksi atau reka ulang kasus pengeroyokan yang terjadi di lorong pertokoan blok B6 Pasar Inpres Kapuas yang terjadi pada Kamis, 20 Juni 2019.

Dalam peristiwa itu, korban bernama Sugianto, 35, meninggal. Ke 28 adegan ini diperagakan oleh 4 tersangka dan saksi dalam peristiwa tersebut di Polsek Selat ,Jalan Maluku, Kuala Kapuas, Selasa, 9 Juli 2019.

Ke 4 tersangka kasus itu yakni AI (34) warga Jalan Mawar Kuala Kapuas, IS (22) warga Jalan Melati, DP (20) warga Jalan Tjilik Riwut Kapuas, dan MI (24) warga Jalan Tjilik Riwut Kapuas.

"Rekontruksi pengeroyokan dan penganiayaan yang mengakibatkan orang lain meninggal diperagakan mulai adegan 1 sampai 28 oleh para tersangka dan saksi," ucap Kapolsek Selat AKP Dhani.

Adapun peragaan dilakukan itu mulai dari adegan 1 yang mana korban dan para tersangka melakukan pesta minuman keras di sekitar lokasi hingga terjadinya perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan.

Hingga akhirnya korban ditemukan tergeletak di lorong pasar, sampai dengan dievakuasi oleh relawan di adegan terakhir atau 28.

Adapun alasan rekonstruksi kasus tersebut dilakulan di Polsek Selat lantaran pertimbangan keamanan, karena TKP merupakan wilayah pasar. 

"Sengaja kita pindahkan dari TKP ke Mapolsek Itu terkait dengan masalah keamanan. Kita laksanakan di Polsek akan mengurangi massa, mengingat pasar aktifitas cukup padat," katanya.

Tapi meski pelaksanaannya di Polsek Selat, rekonstruksinya tetap tidak mengurangi makna karena gambarannya telah disesuaikan dengan TKP kejadian. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru