Aplikasi Pemetaan Suara & Manajemen Pemenangan Pilkada

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 6 Faktor Penyebab Stunting

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Juli 2019 - 14:56 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukamara, Amir Sapiyudin mengatakan penyebab stunting terdiri dari beberapa faktor, salah satunya adalah karena gizi buruk yang dialami balita atau ibu hamil.

"Ada 6 faktor yang bisa menyebabkan anak tersebut menderita stunting," ucap Amir Sapiyudin, Selasa, 9 Juli 2019.

Enam faktor ini adalah, gizi buruk yang dialami balita atau ibum hamil, kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi, masih terbatasnya layanan kesehatan ANC dan PNC.

"Selain itu kurangnya akses kepada makanan bergizi, kurang akses air bersih dan sanitasi serta praktek pengasuhan yang tidak baik, seperti tidal diberinya asi eksklusif dan tidak menerima PMT," ujar Amir.

Atunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu cukup lama dari masa 1.000 hari pertama kehidupan.

"Karena hal itu menyebabkan gangguan pertumbuhan yakni pendek dari usia seharusnya yang dapat diukur dengan standar WHO. Salah satu dampak stunting adalah perkembangan otak tidak maksimal," terangnya.

Saat ini jumlah penderita stunting di Sukamara mencapai 23 persen, lebih tinggi dari standar WHO yang menetapkan hanya 20 persen.

"Sukamara masih berada diangka paling rendah jika dibanding dengan kabupaten lain yang ada di Kalimantan Tengah, hanya saja untuk prevalensi stunting daerah kita berada di atas standar WHO yang hanya 20 persen saja," terangnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru