Produk Olahan Ikan Pulang Pisau Ditampilkan di PEDA KTNA

  • Oleh James Donny
  • 09 Juli 2019 - 15:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Produk hasil perikanan menjadi salah satu unggulan yang ditampilkan pada Pekan Daerah (PEDA) XII Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang dilaksanankan di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur,  7 - 13 Juli 2019.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pulang Pisau, Riduan Syahrani mengatakan Pulang Pisau merupakan salah satu wilayah penghasil ikan air tawar dan air laut di Kalimantan Tengah. 

Berbagai inovasi dilakukan masyarakat dalam mengembangkan hasil ikan dari nelayan menjadi produk olahan. 

"Kita menampilkan sesuai produk di Pulang Pisau, terutama produk olahan hasil perikanan seperti abon, nuget, kerupuk, dan sejumlah olahan yang sifatnya ikan kering," katanya. 

Menurutnya penghasilan olahan dari perikanan ini telah dikembangkan masyarakat dalam suatu usaha bersama dan diharapkan terus berkembang. 

"Kami harapkan dalam mengikuti PEDA KTNA ini ada banyak hal yang dapat dipelajari oleh peserta dari tempat kita dengan peserta dari daerah lainnya, sehingga bisa memotivasi untuk menambah produk berdasarkan potensi perikanan kita yang ada," ujarnya. 

Dia mengatakan saat ini jenis ikan yang dijadikan olahan diantaranya ikan bandeng, udang,  papuyu dan haruan.

"Inilah produk ikan yang kita miliki dengan harapan ini bisa kita tingkatkan menjadi unggulan," ujarnya.

Menurutnya Peda KTNA sebagai wahana untuk pengembangan diri, tukar menukar informasi dan promosi hasil pembangungan yang diharapkan memberikan banyak manfaat serta berkelanjutan. (JAMES DONNY/B-6)

Berita Terbaru