Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Lamandau: Peran Dunia Usaha Cukup Efektif Bantu Pembangunan Daerah

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 09 Juli 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana dan Wakilnya Riko Porwanto berupaya melakukan percepatan pembangunan diberbagai sektor dengan mendorong dunia usaha untuk memaksimlkan peranannya.

Pada sektor pembangunan infrastruktur misalnya, Pemkab Lamandau kerap melibatkan perushaan swasta dalam menyelesaikan persoalan yang tidak tercover anggaran daerah.

Seperti perbaikan jalan dan jembatan dengan pola konsorsium. Terlebih bagi akses jalan dengan urgensi tinggi serta memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat.

"Kami sadar betul bahwa APBD kita masih kecil, tidak bisa kita melakukan pembangunan dan penanganannya hanya dengan terpaku pada anggran daerah, jelas tidak akan cukup," kata Hendra, Selasa, 9 Juli 2019.

Sejauh ini Pemkab Lamandau terus merangsang dunia usaha untuk memaksimalkan peranannya, baik untuk yang sifatnya program wajib bagi dunia usaha seperti CSR atau Corporate Sosial Responcilibilty, maupun program sejenisnya, hasilnya cukup baik dan dirasakan langsung masyarakat.

"Pemkab juga telah melakukan kerja sama agar perusahaan di Lamandau ikut andil dalam membangun sumberdaya manusia, misalnya dalam bentuk program pemberian beasiswa bagi mahasiswa atau bagi siswa berprestasi," katanya.

Terpisah, Humas PT Khatulistiwa Sinergi Omnidaya atau KSO, Santoso, membenarkan bahwa kerja sama semua pihak dalam membangun daerah sangatlah penting.

Pada prinsipnya semua pihak termasuk dunia usaha memiliki tanggungjawab dalam peningkatan taraf hidup masyarakat sekitar diberbagai sektor.

"Belum lama in PT KSO melalui program CSR memberikan hadiah bagi sejumlah murid berprestasi bagi murid SD di Desa Kujan, Desa Batu Kotam dan Desa Guci," katanya.

Selain itu meski sebagai perusahaan yang tergolong baru, KSO juga memberikan bantuan dalam bidang keagmaan, seperti halanya memberikan bantuan untuk pembangunan Gereja GBHP Nanga Bulik. (HENDI NURFALAH/B-6)

Berita Terbaru