Kelompok Seni Kotawaringin Barat Tampil pada Gawai Dayak di Kalimantan Barat

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 09 Juli 2019 - 17:56 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kelompok seni dari Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mewakili Kalimantan Tengah, tampil pada Gawai Dayak di Kalimantan Barat, Selasa, 9 Juli 2019.

Ketua Tim Kelompok Seni Kobar, Wendy mengatakan, tidak menyangka dapat undangan dan menampilkan tarian di acara Gawai Dayak Kalimantan Barat sekaligus mewakili Kalteng itu.

"Kami sangat bangga. Nanti kami akan menampilkan tarian khas atau asli daerah Kobar yaitu tari pesisir," kata Wendy, Selasa, 9 Juli 2019.

Kelompok seni yang diundang pada acara Gawai Dayak tahun 2019 yakni WWTAG dan sanggar seni budaya Tunas Anum. Kegiatan Gawai Dayak dimulai 8 - 14 Juli 2019.

Dikutip dari wikipedia, Gawai Dayak merupakan perayaan yang diadakan di Kalimantan Barat oleh suku asli Kalimantan Barat dan Serawak, terutama Iban dan Dayak darat. Gawai Dayak merupakan hari perayaan panen dan mulai diadakan secara besar-besaran sejak 25 September 1964.

Gawai Dayak mempunyai beberapa upacara yang dijalankan di kota dan lamin (Rumah Panjang). Ada persembahan berbagai makanan dan tuan dipersembahkan kepada dewa padi untuk hasil yang baik.

Selain itu, penyair akan membaca mantra yang khusus untuk upacara ini dan melumur darah ayam jantan pada bahan persembahan.

Setelah upacara Ini perayaan Gawai Dayak akan dimulai secara resmi sebatang pokok yang dikenali sebagai 'Ranyai' akan didirikan di tengah ruang yang dihiasi makanan dan minuman.

Mereka juga akan mengunjungi keluarga dan sahabat yang disebut sebagai 'Ngabang' dan pakaian tradisional akan dikenakan. Perhiasan manik orang ulu akan dikeluarkan untuk dipakai pada pelaksanaannya.

Perawan Iban juga akan mengenakan perhiasan perak tradisional pesta Gawai Dayak ditutup dan berakhir dengan penurunan pokok orang yang tersebut. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru