Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini 5 Pilar Atasi Stunting di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Juli 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melalui Tim Koordinasi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting atau KP2S telah melaksanakan rapat bersama di aula Bappeda Rabu, 10 Juli 2019.

Dalam rapat ini Kepala Bappeda Kapuas, Yan Hendri Ale menegaskan pihaknya bersama tim terkait lainnya akan berupaya menekan angka stunting dengan melaksanakan 5 pilar pencegahan.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh wakil presiden saat memimpin rapat roordinasi tingkat menteri bahwa ada 5 pilar pencegahan stunting yang akan dilaksanakan," ucapnya.

Ke 5 pilar ini yaitu pertama komitmen dan visi kepemimpinan, ke 2 kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku.

Ke 3 konvergensi, koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah dan desa, kemudian ke empat gizi dan ketahanan pangan serta yang kelima adalah pemantauan dan evaluasi.

"Jadi ke 5 pilar ini dilaksanakan sesuai tupoksi kami," katanya. Selain itu pada rapat itu juga disampaikan delapan aksi konvergensi atau integrasi penurunan stunting yaitu aksi satu analisa situasi, aksi dua rencana kegiatan.

"Kemudian aksi 3 rembuk stunting, aksi 4 Perbup atau perwali tentang peran desa, aksi 5 Kader Pembangunan Manusia (KPM), aksi 6 manajemen data, aksi 7 pengukuran dan publikasi dan aksi 8 review kinerja tahunan," jelasnya.

Untuk itulah dengan adanya langkah tersebut bisa menekan angka terjadinya stunting di Kabupaten Kapuas. "Karena dalam pelaksanaannya perlu kerjasama semua pihak," tukasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru