Dapat Penghargaan dari Kapolres Kotim, Tokoh Pendiri Kalimantan Tengah Bersyukur Masih Diingat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 10 Juli 2019 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Banyak yang tidak tahu di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) masih ada pejuang yang juga pendiri Kalimantan Tengah (Kalteng). Meski luput dari perhatian, ternyata hal itu diketahui Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel. 

Bahkan, Mohammad Rommel menyerahkan penghargaan kepada tokoh bernama Ismaun Marsone Gatan itu, pada puncak peringatan Hari Bhayangkara ke 73 di Kecamatan Parenggean, Rabu, 10 Juli 2019. 

Ismaun Marsone Gatan, merupakan pria kelahiran Desa Kandan, pada 4 April 1940. Dia secara langsung merupakan salah satu pelaku sejarah cikal bakal berdirinya Provinsi Kalteng. 

"Beliau adalah salah satu pelaku sejarah terbentuknya Kalteng ini. Kami memberikan penghargaan bertepatan dengan peringatan Hari Bhayangkara tahun ini," kata Rommel.

Dia sangat mengapresiasi kepada tokoh pejuang tersebut. Karena hingga saat ini masih semangat, bahkan masih menjadi pemuka agama salah satu gereja di Desa Kandan. 

"Atas dedikasi beliau bersama para tokoh di zaman dulu, maka terbentuklah Kalteng ini. Itu patut kita apresiasi," kata Rommel. 

Sementara, Ismaun yang saat ini berumur 79 tahun, saat dibincangi mengatakan, pembentukan Provinsi Kalteng tidaklah mudah dan tiba-tiba. Karena sangat panjang proses yang harus dilalui. 

"Pada pembentukan Provinsi Kalteng ini cukup panjang prosesnya. Karena saat itu kita harus berdiri sendiri, dan tidak lagi berada di bawah pemerintahan Kalimantan Selatan," kata Ismaun. 

Saat ingin berpisah dari pemerintahan Kalsel tersebut, maka sejumlah proses haru dilakukan oleh pihaknya. Bahkan, harus membentuk Laskar Gerakan Mandau Telawang Pancasila (Laskar GMTP), sebagai wadah aspirasi masyarakat Kalteng. Hingga akhirnya dinyatakan berpisah dari Kalsel.

"Saya juga berterimakasih kepada Polres Kotim yang sudah memberikan penghargaan kepada saya. Dan hal ini sangat saya syukuri karena masih ada yang ingat dengan saya," terang Ismaun. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru