Polres Katingan Gelar Upacara Hari Bhayangkara di Objek Wisata Bukit Batu

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Juli 2019 - 18:52 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Ada yang berbeda pelaksanaan upacara sekaligus syukuran Hari Bhayangkara ke - 73 tahun 2019 yang digelar Polres Katingan, Rabu, 10 Juli 2019. Kegiatan kali ini dilaksanakan di objek wisata Bukit Batu.

Bukit Batu Kasongan merupakan aset sejarah, sebagai tempat pertapaan pahlawan nasional yang juga Gubernur Kalimantan Tengah pertama, yaitu Tjilik Riwut.

Tampak hadir, Bupati Katingan Sakariyas dan wakilnya Sunardi Litang, unsur FKPD, tokoh masyarakat, agama, adat, dan pemuda.

Kapolres Katingan, AKBP E Dharma B Ginting menjelaskan alasan pelaksanaan di objek wisata Bukit Batu. Yaitu untuk semakin mengangkat nama sejarah cagar budaya sebagai objek wisata andalan.

Hal ini juga merupakan bentuk bukti kepedulian institusi Polri Kalimantan Tengah khususnya Polres Katingan, terhadap kelestarian cagar budaya daerah. Serta wujud apresiasi  Polri terhadap salah satu putra terbaik bangsa dari Suku Dayak Kalimantan Tengah yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Objek wisata Bukit Batu merupakan bukti sejarah rekam jejak dari pahlawan nasional Tjilik Riwut, yang melakukan pertapaan untuk meminta petunjuk dalam melawan penjajah," kata Kapolres Katingan. 

Hal itu bisa dijadikan motivasi generasi millennial saat ini untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita luhur pahlawan Tjilik Riwut, dalam mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan negara, khususnya di Kalimantan Tengah.(ABDUL GOFUR/B-11)

Berita Terbaru