Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banjar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Adakan Bimtek dan Sosialisasi Pengadaan Barang atau Jasa Desa dan Kelurahan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Juli 2019 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) pengadaan barang atau jasa desa. Bimtek dan sosialisasi itu merupakan salah satu upaya pencegahan dari korupsi dan pelanggaran lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Suyanto mengatakan, kegiatan Bimtek dan Sosialisasi ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dari korupsi dan sebagainya. Prinsipnya semua pihak yang melaksanakan pengadaan barang dan jasa harus memahami dari awal proses dan harus sesuai dengan etika dalam pengadaan barang dan jasa.

"Menguasai etika, menguasai prinsip, menguasai peraturan teknis maka dia akan lebih teliti dan harapanya tidak ada kesalahan, maka sosialisasi ini diadakan," ujarnya, Rabu, 10 Juli 2019. 

Jadi, kata Suyanto, ini merupakan bagian dari upaya untuk mengantisipasi dan mengurangi raut proses dalam pengadaan barang dan jasa bagi desa dan kelurahan.

"Semoga raut semakin berkurang , APBDes berjalan dengan baik, pengadaan barang dan jasanya sesuai dengan peraturan perundangan - perundang," ungkapnya.

Perlu diketahui, berdasarkan peraturan menteri dan peraturan bupati, pengadaaan barang dan jasa prinsipnya adalah swakelola.

"Swakelola itu artinya adalah tim pelaksana di desa mengadakan atau mengupayakan pengadaan barang dan jasa. Pekerjaan direncanakan, dikerjakan dan diawasi sendiri, dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa," tutupnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru