Kedatangan Ketua DAD Kalteng Disambut Tradisi Pantan Bahalai

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 11 Juli 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kedatangan Ketua Dewan Adat Dayak atau DAD Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar serta rombongan disambut langsung dengan tradisi Pantan Bahalai dan ritual adat Dayak serta tarian setempat.

Upacara adat tersebut dipimpin langsung oleh tokoh ada dayak setempat, Sulatin didampingi Damang Selat Hendrik Dinan. Ritual Pantan Bahalai sendiri merupakan sebuah tradisi untuk menyambut tamu kehormatan yang tiba di Kabupaten Kapuas.

Adapun kedatangan Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran serta rombongan untuk melakukan pengukuhan pengurus DAD Kabupaten Kapuas masa bakti 2019 - 2024, bertempat di Aula Kantor Bupati Kapuas pada Kamis, 11 Juli 2019.

"Sebelum masuk, Ketua DAD Kalteng harus mengikuti tradisi Pantan Bahalai (melapas kain bahalai). Dengan harapan kegiatan yang dilaksanakan di sini berjalan lancar," ucap Sulatin disela upacara adat.

Sembari melepas kain tersebut, pempimpin upacara adat menanyakan sejumlah pertanyaan kepada tamu yang datang, terkait dengan tujuan kedatangan dan sebagainya.

Kedatangan Agustiar serta rombongan juga disambut langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ary Egahni, serta unsur Forkopimda dan para kepala SOPD lingkup Pemkab Kapuas. (DODI RIZKIANSYAH/B-2/Adv)

Berita Terbaru