Pemkab Lamandau Siap Gelar Festival Balayah Lanting 2019

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 11 Juli 2019 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui Dinas Pariwisata akan kembali menggelar ajang pariwisata unggulan bertajuk Festival Balayah Lanting 2019.

Rencananya, festival yang telah memasuki tahun penyelenggaraan ke empat ini akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni 19 hingga 21 Juli 2019. Festival akan berlangsung di Kecamatan Delang, menyesuaikan jenis dan rangkaian kegiatan.

Kepala Dinas Pariwisata Lamandau Frans Effendy melalui Kasi Tata Kelola Destinasi, Edmond Lamey, menjelaskan, Festival Balayah Lanting yang akan digelar tahun ini mengangkat tajuk 'Bergerak Maju dengan Bambu'.

Festival itu salahsatunya bertujuan untuk mendorong pelestarian lingkungan dalam rangka percepatan pembangunan kepariwisataan melalui kampanye budidaya tanaman bambu.

"Festival Balayah Lanting 2019 juga menjanjikan kemasan menarik di setiap rangkaian acaranya, terlebih kegiatannya dipusatkan di sejumlah desa di kecamatan Delang, kecamatan yang selama ini dikenal sebagai daerah tujuan wisata dan budaya di kabupaten Lamandau," ujar Edmond, Kamis, 11 Juli 2019.

Edmond menyebut, pada Festival Balayah Lanting 2019 panitia akan menyelenggarakan 8 rangkaian acara inti, meliputi Fun Trekking ke Air Terjun Tambai Desa Wisata Penyombaan, Fun Camping serta Pertunjukan Seni Tradisional di Camping Ground Desa Wisata Lopus, Bamboo Rafting dengan lokasi start Desa Lopus dan posisi finish di Desa Riam Tinggi.

"Panitia juga akan menyelenggarakan Diskusi Pariwisata termasuk Funs Selfie di Bukit Lubang Kilat Desa Riam Tinggi. Selain itu ada juga kegiatan Pameran dan Lomba Fotografi dengan tema Pariwisata, serta Bazaar Produk Kerajinan Kreatif," jelas dia. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru