Anggota DPRD Ingatkan Pemerintah Sediakan Pelayanan Dasar bagi Masyarakat Miskin

  • Oleh Naco
  • 11 Juli 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi I DPRD Kotawaringin Timur,  Agus Seruyantara mengingatkan agar pemerintah  memperhatikan masyarakat miskin. 

Salah satunya adalah kewajiban pemerintah menyediakan pelayanan dasar bagi masyarakat. Karena selama ini masyarakat miskin yang ada di Kotim sulit mengakses kebutuhan pelayanan dasar.

"Penyebab sulitnya masyarakat dapat pelayanan salah satunya karena birokrasi yang berleit-belit dalam pelayanan," kata Agus, Kamis, 11 Juli 2019.

Ia menegaskan, jika masalah yang menjadi keluhan masyarakat miskin tidak ditangani secara serius akan menimbulkan dampak masalah sosial. 

Seperti halnya kerawanan sosial, tindak kejahatan serta menimbulkan  disintegrasi sosial. Karena semuanya ini akan bermuara menjadi beban sosial masyarakat dan pemerintah.

Sebagaimana diketahui, lanjut dia, selama ini suka tidak suka bahwa faktanya masyarakat miskin sering diabaikan. Bahkan untuk mendapatkan akses kesehatan juga mereka kadang dibuat bingung oleh sistem yang berbelit-belit. 

Maka dari itu kata dia, mereka menyambut baik terhadap adanya inisiasi ranperda tentang jaminan kesehatan masyarakat miskin. 

"Selain itu pula jaminan kesehatan ini juga amanat dari UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Jaminan Kesehatan Nasional kepada warga yang miskin,” tandasnya. (NACO/B-2)

Berita Terbaru