Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toli-Toli Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sungai Katingan Makin Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 11 Juli 2019 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Memasuki musim kemarau, Sungai Katingan di Kabupaten Katingan mulai surut. Pasalnya, sudah lebih dua pekan terakhir wilayah kabupaten berjuluk Bumi Penyang Hinje Simpei ini tidak lagi diguyur hujan.

Dari pantauan borneonews.co.id, Kamis, 11 Juli 2019, surutnya Sungai Katingan yang memiliki panjang lebih dari 600 Km itu terjadi mulai dari wilayah hulu Kecamatan Bukit Raya berbatasan langsung dengan wilayah Kalbar sampai ke hilir Kecamatan Katingan Kuala yang berbatasan dengan Laut Jawa.

Misalnya di wilayah Kasongan dan sekitarnya. Sungai Katingan di wilayah ini surut hingga lebih dua meter dari sebelumnya.

Warga Kasongan yang ditemui menuturkan, penyurutan air Sungai Katingan dalam beberapa hari ke depan akan terus berlangsung jika hujan tidak lagi mengguyur wilayah ini.

Meski demikian, surutnya Sungai Katingan belum mengganggu transportasi sungai. Sebab kelotok maupun alat transportasi sungai lainnya sejauh ini masih melaksanakan aktivitas seperti biasa.

"Tapi kalau kapal bertonase besar maupun tongkang penarik rakit kayu log mungkin saja saat ini tidak bisa operasional, sebab Sungai Katingan makin dangkal," kata Rudi, warga Kasongan.

Dari pantauan borneonews,co.id, selain Sungai Katingan yang surut, sejumlah anak Sungai Katingan seperti Sungai Kalanaman, Sungai Salak, Sungai Tehang dan anak sungai lainnya di Katingan sejak beberapa hari ini juga mulai surut. (ABDUL GOFUR/B-2)

Berita Terbaru