Calon Ibu Kota Provinsi Kotawaringin Raya Mulai Kehilangan Lahan

  • Oleh Reno
  • 11 Juli 2019 - 16:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan yang disepakati sebagai titik wilayah calon Ibukota Provinsi Kotawaringin Raya kini mulai kehilangan lahan.

Bahkan wilayah bagian tengah Kabupaten Seruyan itu kini hanya memiliki lahan seluas 80 hektare. Sementara kebutuhan lahan untuk provinsi baru sekitar 6.000 - 8.000 hektare.

"Data dari kepala desa, sekitar 80 hektare saja yang tersisa untuk lahan rencana (ibu kota) Provinsi Kotawaringin Raya ini," kata Camat Hanau, Titok Kurdias, Rabu 10 Juli 2019.

Sebelumnya, lahan yang tersedia seluas 1.700 hektare. Dan memang disiapkan masyarakat Hanau untuk pembentukan Provinsi Kotawaringin Raya ini.

"Wacana ibukota provinsi itu sudah cukup lama. Bahkan sejak pemekaran Kabupaten Seruyan 2002 juga sudah disiapkan lahan. Dan dari 1.700 hektare itu, kini hanya tersisa 80 hektare," kata Titok.

Dia menyebutkan jadi sekarang lahan yang untuk rencana ibukota provinsi banyak yang sudah tertanam kebun kelapa sawit oleh warga. Dan termasuk sebagian wilayah terjual ke perusahaan. (RENO/B-11)

Berita Terbaru