Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

36 Desa di Kotawaringin Timur Belum Serap Dana Desa Tahap 2

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 11 Juli 2019 - 20:12 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini masih banyak desa di Kabupaten Kotawaringin Timur yang belum melakukan serapan dana desa (DD) tahap kedua.

Sehingga Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) saat ini terus turun ke desa untuk menanyakan kendala yang dihadapi desa. 

"Saat ini cukup banyak yang masih melakukan serapan, bahkan mencapai 36 desa. Puluhan desa yang kami datangi untuk menanyakan langsung apa kendala mereka," ujar Kepala DPMDes Kotim Hawianan, Kamis, 11 Juli 2019. 

Saat ini pihaknya terus melakukan upaya monitoring dan evaluasi pengelolaan keuanhan desa di setiap kecamatan.

Karena DD tahap 1 sudah terserap oleh seluruh desa, tinggal tahap 2 yang mengalami kendala dibeberapa desa. 

"Makanya kami turun langsung ke kecamatan agar bisa membantu dan mencarikan solusinya, sehingga desa yang masih terkendala dapat segera menyerap anggaran tahap dua tahun ini," kata nya. 

Sementara itu setiap tahapan berbeda persayaratanya, untuk tahap pertama syaratnya adalah APBDes. Sedangkan tahap 2 salah satu syaratanya laporan program kerja tahun sebelumya.

Syarat itu merupakan salah satu yang menjadi kendala pihak desa, sehingga belum mampu mencairkan anggaran tahap kedua 

Sedangkan dari 36 desa banyak terdapat di wilayah utara, sehingga saat ini tim juga sudah mulai turun ke kecamatan, seperti saat ini tim berada di Kecamatan Parenggean untuk membantu menyelesaikan masalah desa yang belum mampu mencairkan anggaran tahap 2. (MUHAMMAD HAMIM/B-6) 

Berita Terbaru