Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mahakam Ulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seragam Gratis Bagi Murid SD dan SMP di Kobar Tahun Ini Belum Didistribusikan 

  • Oleh Wahyu Krida
  • 12 Juli 2019 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Adanya beberapa tahapan dalam proses anggaran, merupakan penyebab kenapa seragam gratis bagi murid SD dan SMP sederajat di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) belum didistribusikan hingga menjelang masuknya tahun ajaran baru tahun ini.

Bupati Kobar Nurhidayah, Jumat, 12 Juli 2019 menjelaskan, tidak semua murid mendapatkan seragam gratis,  lantaran yang diprioritaskan adalah murid baru dan yang baru masuk sekolah setingkat SD/SMP di Kobar.

"Kemarin saya juga mendapatkan laporan bahwa ada orang tua yang mengeluhkan hal tersebut. Saat kita cek ternyata anaknya sudah kelas III. Karena untuk tahun 2019 ini yang diprioritaskan mendapatkan seragam gratis adalah murid baru yang berasal dari keluarga kurang mampu," jelas Bupati.

Tetapi, lanjut Bupati, untuk 2020, kebijakan pemberian seragam gratis tersebut rencananya diberikan pada murid baru dari semua latar belakang ekonomi keluarga.

Selain itu, Bupati menjelaskan kenapa permintaan masyarakat bahwa kebijakan seragam gratis tersebut juga diberikan pada siswa SMA, masih belum bisa dipenuhi.

"Karena kebijakan penerimaan siswa SMA berada pada pemerintah provinsi. Kita juga sudah menyampaikan harapan tersebut, namun akibat keterbatasan anggaran elum bisa terealisasi," jelas Bupati. 

Tetapi menurut Bupati, kemungkinan tahun depan pihaknya merencanakan  seragam gratis bagi siswa SMA. "Karena kita mempunyai batik khas Kobar yang menjadi salah satu corak seragam sekolah. Tapi sekali lagi hal tersebut masih rencana, lantaran keputusan anggaran yang menentukan jadi atau tidaknya rencana tersebut terealisasi berada pada DPRD Kobar," jelas Bupati.(WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru