Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Barito Utara Sayangkan Rendahnya Penyerapan Dana Desa

  • Oleh Ramadani
  • 12 Juli 2019 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kalangan DPRD Barito Utara menyayangkan rendahnya penyerapan Dana Desa (DD) di triwulan II tahun 2019. Terkait itu, legislator menyampaikan beberapa saran untuk pemkab.

“Pemerintah daerah melalui dinas terkait harus mencari solusi. Bisa dilakukan peningkatan SDM aparatur desa serta pendampingan, agar Dana Desa bisa terserap maksimal untuk pembangunan desa,” kata anggota DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muchtar, Jumat, 12 Juli 2019.

Dia mengatakan, hal ini hendaknya menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah, terutama SOPD terkait dan perlu dicarikan solusinya. 

“Kalau anggaran tersebut tidak terserap atau tersalurkan, menang tidak akan hilang dan kembali ke kas negara. Tetapi tentunya sangat disayangkan, karena peruntukannnya sudah jelas, untuk mempercepat pembangunan di desa,” katanya.

Selain itu tidak maksimalnya penyaluran dana desa akan menjadi bumerang bagi pemerintah. Karena ini mengartikan ketidakmampuan mengelola dana tersebut.

“Ini bisa juga menggambarkan bahwa sumber daya manusia kita masih belum mampu menggunakan dana miliaran rupiah,” pungkasnya.(RAMADHANI/B-11)

Berita Terbaru