DPRD Seruyan: Pengembangan Komoditas Bisa Memambah Nilai Ekonomi Petani

  • Oleh Reno
  • 12 Juli 2019 - 21:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Wakil Ketua II DPRD Seruyan, M Erwin Toha mengatakan komoditas pertanian beranekaragam dengan pola tumpang sari.

"Tentu saja sangat menguntungkan bagi masyarakat, karena untuk menambah ragam komoditas yang ada, pola tersebut juga membuat lahan pertanian berfungsi optimal, sehingga tidak terfokus pada 1 komoditas saja," kata Erwin, Jumat 12 Juli 2019.

Menurutnya para petani harus jeli dalam melihat peluang dan bisa mengembangkan komoditas sesuai kondisi geografis yang ada di lahan persawahan dan wilayahnya.

"Karena biasanya ada suatu wilayah yang bagus ditanami padi. Di wilayah satunya komuditas yang lain, hal seperti ini harus benar-benar dipahami dan dikuasai ilmunya," jelasnya.

Hal demikian agar para petani bisa mengembangkan komuditas yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, namun tetap sesuai dengan kondisi lahan pertaniannya.

"Karena itu tidak mengurangi kuantitas dari hasil pertanian itu sendiri, justru bisa bertambah lagi penghasil petani apabila bisa dimaksimalkan," imbunya. (RENO/B-6)

Berita Terbaru