Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengunjung Perpustakaan di Kotawaringin Barat Didominasi Perempuan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juli 2019 - 16:12 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Berdasartan data dari grafik pengunjung di Perpustakaan Daerah Kotawaringin Barat dari Januari dan Juni 2019, menunjukkan perempuan lebih mendominasi mengunjungi dan mengakses Internet .

Berdasarkan Laporan Pengunjung dan Pengguna Internet Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat pada Januari 2019, pengunjung laki -lLaki 198 orang dan pengunjung perempuan 678 orang.

Sedangankan informasi pengguna internet, laki - laki 63 orang dan perempuan 188 orang. Sementara di Juni 2019, laki - laki 122 orang, perempuan 376 orang yang mengakses internet laki - laki 30 orang dan perempuan 102 orang.

"Jadi pengunjungnya lebih dominan keperempuan. Kami belum mengetahui apa penyebabnya dan ini sedang kami evaluasi," ujar Kabid Pembinaaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat, Mustari, Sabtu, 13 Juli 2019.

Kata dia, selain pembaca lebih dominan pada perempuan, juga pembaca ini kebanyakan didominasi oleh anak sesusia anak SD hingga SMP. Kalau di kalangan masyarakat memang masih minim.

Oleh sebab itu ini menjadi perhatian bersama, bagaimana meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat. Maka dibuatlah pelatihan yang menarik minat kaum millenial, dengan bantuan narasumber dan materi dari buku.

"Salah satunya kami mengundang Komunitas mengadakan pelatihan pembuatan film dokumenter bagi pelajar tingkat SLTA, jadi mereka sambil belajar dari buku dan juga ada pembimbingnya," ungkapnya.

Menurutnya dengan demikian nampak dari peserta anak SMA yang sudah mengikuti sangat antusias, karena kagiatannya berkelanjutan dan rutin.

"Video editor, pengembangan naskah film yang ujuan utamannya untuk mengangkat perfilman di Kobar," tandasnya. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru