Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Rembang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Tambah Perpustakaan Desa demi Tingkatkan Minat Baca

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 13 Juli 2019 - 16:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sebagai bentuk menjalankan kewajiban dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat mengembangkan perpustakaan desa. Ada 128 perpustakaan desa dan sekolah yang sudah berdiri di Kobar.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pembinaaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kotawaringin Barat Mustari, Sabtu, 13 Juli 2019.

Menurut dia, dalam meningkatkan pembaca, pihaknya terus mengembangkan perpustakaan di desa. Sudah ada 19 perpustakaan desa yang telah berjalan dari total 128 perpustakaan di desa dan sekolah.

"Untuk 2019 ini, kita targetkan akan menambah 9 perpustakaan lagi," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan juga rutin mengadakan perpustakaan keliling ke desa - desa dan sekolah.

"Kami juga berencana membuka stan perpustakaan keliling di Bundaran Pancasila atau Taman Kota Manis pada Minggu, 14 Juli 2019," ungkapnya.

Tidak cuma itu, Dinas Perpustakaan juga sudah memesan buku baru sebanyak 1.500 eksemplar. Agar pembaca dapat selalu memperbarui buku - buku yang dibaca. Sehingga tidak terkesan bukunya jadul.

"Kalau masalah buku, kita selalu perbarui, dan juga untuk sarpras penunjang lainnya sedang di garap," sebutnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru