Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPP Sukamara Sampaikan Cara Memilih Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Juli 2019 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, menyampaikan cara memilih sapi yang benar-benar baik. Sehingga sapi yang akan dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha tidak salah pilih.

"Untuk pemilihan sapi ini, memang kita sosialiasikan setiap tahunnya. Agar masyarakat tahu mana sapi yang layak dikurbankan," kata Kabid Peternakan DKPP Sukamara, Syamsir Hidayat, Minggu, 14 Juli 2019.

Syamsir menjelaskan, sapi sehat dapat dilihat dari kondisi tubuh. Seperti tubuh yang berisi, kulit lemas, tidak ada parasit di kulit, bulu tidak rontok, selaput lendir, dan gusi berwarna muda.

Ciri selanjutnya yakni, mudah bergerak bebas, ujung hidung bersih, kuku tidak terasa panas dan bengkak. Serta suhu tubuh 39,5 - 40 derajat celcius.

"Selanjutnya, tubuh berdiri tegap, titik berat sama pada 4 kaki, peka terhadap lingkungan atau cepat bereaksi. Bila diberi pakan, mulut akan dipenuhi pakan, cara minum panjang, serta tidak terus menerus tidur," jelasnya. 

Lalu dari segi pencernaan, nafsu makan dan minum besar, buang hajat lancar. Dan apabila  terjadi gangguan pencernaan, maka gerak perut besar berhenti atau cepat sekali, serta proses memamah biak berhenti.

"Mudah-mudahan dengan adanya pemahaman tentang cara memilih sapi ini, maka masyarakat tidak salah pilih hewan kurban," tutur Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru