Pedagang Harus Miliki Surat Keterangan Asal Hewan Kurban

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Juli 2019 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sukamara, Syamsir Hidayat mengingatkan kepada pedagang, untuk selalu meminta Surat Keterangan Asal (SKA) setiap ternak yang didatangkan. 

"Pedagang agar sebisa mungkin meminta SKA saat membeli hewan kurban. ini bertujuan agar bisa ditelusuri silsilah kepemilikan ternak tersebut," kata Syamsir Hidayat, Minggu, 14 Juli 2019.

Terkait itu, pihaknya akan memeriksa Surat Keterangan Asal hewan yang akan dijual peternak. 

"SKA atau Surat Keterangan Kepemilikan Ternak (SKKT) ini diperlukan untuk memastikan hewan yang akan dikurbankan tidak cacat atau hasil curian," ujarnya.

Dia juga mengingatkan, apabila hewan ternak yang akan dijual belum diperiksa kesehatannya, maka agar segera menghubungi DKPP.

"Pedagang ternak yang belum diperiksa, agar menghubungi dinas untuk mendapat SKKH. Ini untuk menerangkan jenis ternak, jumlah jantan dan betina, pernyataan bebas dari penyakit infeksius dan zoonosis, nama pemilik ternak, alamat, serta pernyataan layak atau tidaknya ternak disembelih," jelas Syamsir Hidayat. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru