Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Imbau Masyarakat Perhatikan Kesehatan Hewan Kurban

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Juli 2019 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemkab Kapuas melaui Bidang Peternakan Dinas Pertanian, mengimbau masyarakat untuk memerhatikan kesehatan hewan kurban sebelum disembelih. 

Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Anik Ariswandani mengatakan, itu penting dilakukan. Agar saat hewan kurban yang dikonsumsi tidak memberikan efek buruk terhadap kesehatan tubuh manusia.

Anik menjelaskan, ada beberapa ciri-ciri umum mudah dikenali warga pada fisik hewan kurban baik sapi atau kambing yang sehat, dan bisa untuk dipotong.

"Ciri-ciri sapi yang sehat itu di antaranya memiliki postur yang bagus, tidak pincang, lincah serta punya nafsu makannya bagus, dan tidak kurus," ucap Anik, Minggu, 14 Juli 2019.

Kemudian, ciri lainnya, yang masih kasat mata seperti bulu hewan tidak kusam, mulut hewan tidak berlendir dan kotoran normal, serta tidak memiliki penyakit kulit. 

"Penting juga untuk memerhatikan usia hewan. Seperti kambing minimal usia 1 tahun, dan sapi minimal berumur 2 tahun," katanya.

Pihaknya juga bisa memberikan pelayanan kepada warga yang ingin memastikan kesehatan hewan kurbannya, sehingga aman saat dikonsumsi.

"Bisa laporkan kepada kami. Akan kami data untuk diperiksa kesehatan hewannya," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru