Dinkes Sukamara Dukung Puskesmas Usulkan BLUD

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Juli 2019 - 20:32 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sukamara dukung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang akan mengusulkan menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). 

"Untuk tahapannya kami serahkan sepenuhnya kepada Puskesmas, kami Dinas Kesehatan siap membantu," ucap Plt Kepala Dinkes Sukamara Amir Sapiyudin, Minggu, 14 Juli 2019.

Menurut Amir, untuk menjadi BLUD, ada beberapa hal yang harus bisa dipenuhi pihak puskesmas, salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM) yang perlu benar-benar dipersiapkan, serta beberapa hal lainnya.
 
"Puskesmas juga harus melakukan kaji banding dengan puskemas di daerah lain yang sudah BLUD untuk bisa mempelajarinya," ujarnya.

Amir menambahkan, untuk saat ini yang bisa menerapkan BLUD hanya Puskesmas Sukamara. Selain karena SDM-nya juga fasilitas yang dimiliki juga sudah memadai. "Yang bisa BLUD ini saya rasa sementara ini baru Puskesmas Sukamara," tuturnya.

Untuk diketahui, seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat yang ada di Bumi Gawi Barinjam telah terakreditasi. Untuk Puskesmas Sukamara berhasil meraih utama, Puskesmas Pantai Lunci memperoleh Madya dan Puskesmas Balai Riam Dasar, Puskesmas Jelai Madya dan Puskesmas Permata Kecubung Madya. (NORHASANAH/B-2)

Berita Terbaru