Upacara Adat Sambut Siswa Baru SMAN 2 Kuala Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Juli 2019 - 10:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Diterimanya peserta didik baru SMAN 2 Kuala Kapuas diawali dengan tradisi penyambutan pantan bahalai, Senin, 15 Juli 2019.

Upacara adat Dayak ini dipimpin guru kesenian SMAN 2 Kuala Kapuas, Sri Candra Nilawati. Ritual ini merupakan tradisi untuk menyambut tamu.

Dalam hal ini dilakukan menyambut peserta didik baru sekaligus penyerahan simbolis orang tua siswa kepada pihak sekolah.

Penyambutan dilakukan oleh Kepala SMAN 2 Kuala Kapuas, Asen terhadap 2 perwakilan siswa dan orang tua untuk mengikuti ritual pantan bahalai dan tampung tawar.

Kemudian peserta didik baru juga disuguhkan tarian penyambutan atau selamat datang khas Dayak dari penari SMAN 2 Kuala Kapuas.

"Jadi hari ini hari pertama masuk sekolah bagi kelas 11 dan 12, sedangkan bagi peserta didik baru hari ini mulai mengikuti masa pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS)," ucap Asen.

"Untuk pantan bahalai ini sebagai penyambutan bagi peserta didik baru agar lebih semangat lagi belajar di sini," ucapnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru